Membuat Kategori dan Tag Artikel pada WordPress

Standard

Fungsi kategori adalah untuk mengelompokkan artikel atau posting yang sejenis pada Website atau Blog.. Apabila artikel di wordpress yang kita tulis belum banyak mungkin memberi kategori pada artikel belum perlu, tetapi apabila jumlah artikel tersebut telah mencapai puluhan, bahkan ratusan saya rasa memberi kategori itu sudah termasuk keharusan.

Bisa anda bayangkan betapa sulitnya mencari artikel tanpa kategori  apabila suatu saat kita akan melihat atau meninjau kembali artikel yang telah lama ditulis, nah begitu juga dengan pengunjung website / blog anda.Bagian pertama tulisan ini akan menjelaskan tahap-tahap cara membuat kategori artikel pada WordPress. Setelah anda menyelesaikan sebuah artikel, tentu anda sudah tahu pasti secara umum artikel tersebut termasuk dalam kategori apa.

Usahakan kategori yang akan anda berikan untuk artikel tersebut benar-benar pas atau memang sesuai, apabila anda salah memberi kategori pada artikel tersebut tentu akan menjadi salah sasaran karena tidak tepat kepada calon pembaca yang anda tuju juga bisa mengurangi nilai anda di mata pembaca atau pengunjung karena anda dinilai tidak menguasai materi artikel yang anda tulis.
Setelah anda selesai membuat sebuah artikel, dan sebelum artikel tersebut di Publis maka terlebih dahulu membuat kategori dan tag pada artikel tersebut. Ikuti tahap-tahap dibawah ini:

A. Membuat Kategori

  • Pada bagian bawah box Kategori anda klik > +Add New Category, maka akan muncul box tempat anda mengetikkan nama kategori.
  • Setelah nama kategori di buat lalu klik > Add New Category, maka nama kategori tersebut akan masuk kedalam box kategori. Berikutnya anda centang nama kategori yang akan di jadikan pada artikel yang baru anda tulis setelah itu baru anda Update artikel tersebut.
  • Dan apabila jumlah artikel anda telah mencapai ratusan hingga anda butuh kategori yang banyak, maka anda bisa mebuat sub-kategori dengan menggunakan -Parent Category- agar pengelompokannya menjadi semakin terperinci.

memaksimalkan fungsi kategori untuk artikel pada wordpress

B. Membuat Tag

Bagian kedua tulisan ini saya akan membahas tentang membuat Tag artikel pada WordPress.
Tag diartikan bebas sebagai ‘label pengait’ antara satu artikel dengan artikel lain bertopik sejenis. Seperti halnya kategori, menggunakan tag yang tepat bisa menaikkan posisi sebuah artikel di mata mesin pencari karena memudahkan Mesin pencari mengelompokkan artikel anda dengan artikel yang menggunakan tag yang sejenis dari berbagai penjuru. Buatlah tag yang sesuai dengan isi artikel agar fungsi Tag pada WordPress di website / blog anda bisa digunakan dengan tepat sasaran.

memaksimalkan fungsi tag untuk artikel pada wordpress

Setelah anda selesai membuat sebuah artikel dan menentukan beberapa buah kata yang yang berkemungkinan besar akan di pakai sebagai kata kunci (keyword) oleh para calon pengunjung  yang berhubungan dengan artikel yang anda tulis maka kata-kata tersebut anda ketikkan pada kolom yang telah tersedia di box Tag. Pisahkan kata tersebut dengan koma lalu anda klik > Add. Setelah itu baru Update artikel yang baru saja anda tulis tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s